Search for collections on Repositori IAIN Ternate

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ACTIVE LEARNING

ZEIN, Muhammad (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ACTIVE LEARNING. 1 ed. IAIN Ternate, Indonsia. ISBN 9786025824371 (Submitted)

[thumbnail of Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Active Learning.pdf] Text
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Active Learning.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Buku yang ada di tangan pembaca ini membahas tentang pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Ternate. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan hakikat pendekatan active learning pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN
Ternate. Kedua, untuk mengungkapkan realitas pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate, dan ketiga, untuk merumuskan hasil implementasi pendekatan active learning dalam pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Ternate.
Penulis menggunakan pendekatan pedagogik, psikologis, dan sosiologis. Berdasarkan analisis yang penulis lakukan bahwa pendekatan active learning pada pembelajaran pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate merupakan proses kegiatan pembelajaran yang subjek didiknya terlibat secara intelektual dan emosional sehingga ia betul-betul berperan dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan belajar.
Realitas pengembangan pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate melakukan pembelajaran berbasis kontekstual, melakukan pembelajaran berbasis riset, dan penataan kurikulum berbasis kompetensi yang berorientasi pada pengembangan diri
Selain itu juga berorientasi kepada pembentukan intelektualitas dan moralitas peserta didik serta mendorong dosen untuk memiliki kualifikasi dan standar kompetensi tertentu yang peka terhadap perkembangan iptek dan tantangan zaman. Hasil pendekatan active learning dalam pengembangan
pendidikan Islam pada Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate didapatkan bahwa peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar utuh, tidak hanya secara jasmaniah melainkan juga secara batiniah serta menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat
yang memiliki kemampuan akademik yang profesional dan dapat diaktualisasikan di masyarakat.

Item Type: Book
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: admin perpus
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:25
Last Modified: 18 Jan 2024 02:52
URI: http://repository.iain-ternate.ac.id/id/eprint/74

Actions (login required)

View Item
View Item