Search for collections on Repositori IAIN Ternate

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF REGULATED LEARNING (SRL)PADA SISWA SEKOLAH DI WILAYAH MALUKU UTARA

PRAMONO, Aji Joko Budi and RAUF, Ila Ali (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF REGULATED LEARNING (SRL)PADA SISWA SEKOLAH DI WILAYAH MALUKU UTARA. [Experiment]

[thumbnail of Laporan Riset SRL Perpus_2.pdf] Text
Laporan Riset SRL Perpus_2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 20 December 2030.
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (895kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan: (1) Menghasilkan Instrumen SRL yang dapat mengukur dengan tepat level keterampilan SRL siswa SMA. (2) Menghasilkan model Path Diagram SRL terhadap prestasi siswa SMA di wilayah maluku utara Penelitian ini merupakan Kwantitatif korelasional yang terdiri atas pengembangan instrumen SRL, desain Path Diagran dan pengujian. Tahap pengembangan instrumen SRL dengan mengkaji teori dasar SRL dari artikel dan sumber lainya. Tahapan Path Diagram meliputi hipotesa,pengujian
asusmsi data, desain Path Diagram dan analisis korelasi Subjek penelitian adalah siswa SMA di wilayah maluku utara tahun 2022.Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuisioner/angket. Data hasil di analisis secara kwantitatif menggunakan analisis SEM mengenai nilai korelasi antar varibel independan dan dependen. Analisis data menggunakan software spss, lisrel dan Jasp. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Forethought terhadap Self Awareness. Koefisien pengaruh langsung Forethough terhadap Self Awareness sebesar 0,18 dengan nilai error sebesar 0,051, signifikandengan error varian sebesar 0,17 dan koefisien determinasi sebesar 0,83. (2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Performance control terhadap Self Awareness. Koefisien pengaruh langsung Performance control terhadap Self Awareness sebesar 0,79 dengan nilai error sebesar 0,075, dengan error varian sebesar 0, 83 dan koefisien determinasi sebesar 1,20. (3) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan antara Forethought terhadap Prestasi Belajar. Koefisien pengaruh langsung Forethough terhadap Prestasi belajar sebesar 0,19 dengan nilai error sebesar 0,89, nilai T sebesar 2,20., error varian sebesar 0,46 dan koefisien determinasi sebesar 0,53. (4)Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Self Awareness terhadap Prestasi Belajar. Koefisien pengaruh langsung Self Awareness terhadap Prestasi belajar sebesar 0,19 dengan nilai error sebesar 0,89 nilai T sebesar 2,20, nilai error varian sebesar
0,46 dan koefisien determinasi sebesar 0,53. (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Performance control terhadap Prestasi Belajar. Koefisien pengaruh langsung Performance control terhadap Prestasi belajar sebesar 0,14 dengan nilai error sebesar 0,90, nilai T sebesar 1.56. nilai error varian sebesar 0,47 dan koefisien determinasi sebesar 0,53.

Kata Kunci: Self Regulated Learningt, Path Diagram, korelas

Item Type: Experiment
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: admin perpus
Date Deposited: 01 Mar 2023 05:50
Last Modified: 01 Mar 2023 06:03
URI: http://repository.iain-ternate.ac.id/id/eprint/68

Actions (login required)

View Item
View Item