Search for collections on Repositori IAIN Ternate

INTERPRETASI SKRIPTUALIS AGAMA DALAM KONTEKS RADIKALISME ISLAM (LANGKAH MODERASI ISLAM PADA KONTEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN KHARISUL KHAIRAAT TIDORE KEPULAUAN)

WARDAH, Muhammad (2022) INTERPRETASI SKRIPTUALIS AGAMA DALAM KONTEKS RADIKALISME ISLAM (LANGKAH MODERASI ISLAM PADA KONTEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN KHARISUL KHAIRAAT TIDORE KEPULAUAN). KAJIAN SOSIAL, PERADABAN DAN AGAMA, 8 (2): e-ISSN. pp. 206-238. ISSN 2527-3248

[thumbnail of INTERPRETASI SKRIPTUALIS AGAMA DALAM KONTEKS RADIKALISME ISLAM (LANGKAH MODERASI ISLAM PADA KONTEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN KHARISUL KHAIRAAT TIDORE KEPULAUAN).pdf] Text
INTERPRETASI SKRIPTUALIS AGAMA DALAM KONTEKS RADIKALISME ISLAM (LANGKAH MODERASI ISLAM PADA KONTEN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN KHARISUL KHAIRAAT TIDORE KEPULAUAN).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (407kB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pemahaman agama para guru dan santri Pondok Pesantren Kharisul Khairaat Tidore Kepulauan dalam konteks radikalisme Islam dan penerapan pola pendidikan moderasi Islam pada Pondok Pesantren Kharisul Khairaat Tidore Kepulauan sebagai langkah untuk meng-counter aksi radikalisme dari internal maupun eksternal. Metode penelitian yang akan digunakan dalam mengeksplorasi tentang pemahaman keagamaan guru dan santri Pondok Pesantren

Kharisul Khairaat Tidore Kepulauan berjenis penelitian lapangan (field research). Poin penting dalam penelitian inimerujuk pada bagaimana pemahaman guru dan santri Pesantren Kharisul Khairaat Tidore Kepulauan tentang radikalisme Islam dan Islam Moderat. Penelitian ini mendapati hasil bahwa pandangan keagamaan dipengaruhi sumber ajaran, penafsiran, dan konteks yang ada di sekitarnya. Karena itu, paham keagamaan radikal dapat diukur dari seberapa literal dan keras seseorang atau kelompok dalam memahami agama dalam konteks sosial, politik, dan agama. Paham keagamaan pengasuh atau guru dan siswa dalam penelitian ini diukur dari pandangan mereka tentang jihad, hubungan dengan non-Muslim, dan syariat Islam, sehingga program pemerintah dalam bingkai moderasi Islam, dapat diambil sebagai role of model dalam lingkungan pesantren sehingga para santri dapat ikut berpartisipasi dalam langkah deradikalisasi, bukan ikut terjebak pada jalan radikalisme Islam, bahkan menganggap moderasi Islam sebagai bagian dari radikalisme Islam.
KEYWORDS: Interpretasi Skriptualis Agama, Radikalisme Islam, Islam Moderat, Pendidikan Pesantren

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Ilmu al-Quran dan Tafsir
Depositing User: admin perpus
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:59
Last Modified: 27 Jun 2023 05:59
URI: http://repository.iain-ternate.ac.id/id/eprint/321

Actions (login required)

View Item
View Item