Search for collections on Repositori IAIN Ternate

PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERACTIVE BERBASIS APLIKASI LECTOR INSPIRE DI MTS NEGERI MAREKU TIDORE MALUKU UTARA

BURHAN, Burhan and PRAMONO, Aji Joko Budi PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERACTIVE BERBASIS APLIKASI LECTOR INSPIRE DI MTS NEGERI MAREKU TIDORE MALUKU UTARA. [Experiment] (Submitted)

[thumbnail of PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERACTIVE BERBASIS APLIKASI LECTOR INSPIRE DI MTS_removed.pdf] Text
PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERACTIVE BERBASIS APLIKASI LECTOR INSPIRE DI MTS_removed.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini dirancang untuk: (1) Membuat media pembelajaran untuk mata pelajaran matematika dengan aplikasi Lectora Inspire. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran bebasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (research and Development) prosedur yang digunakan mengadopsi prosedur enekitian pengembangan. Terdapat 10 Tahap prosedur penelitian yang dijalankan, yaitu: (1) Analisis Potensi dan masalah. (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk. (4) Validasi desain. (5) Revisi Desain. (6) Uji Coba Produk. (8) Uji Coba Pemakaian. (9) Revisi Produk. (10)Implementasi. proses penilaian kelayakan media pembelajaran dengan memberikan angket kepada ahli media, guru, dan siswa. Data dari angket kemudian diolah untuk menentukan tingkat kelayakan dari media pembelajaran.
Hasil penelitian ini adalah produk media pembelajaran matematika dengan basis aplikasi Lectora. Hasil Penelitian dari ahli untuk media pembelajaran yang dibuat mendapatkan rerata scor 3,4 dalam kategori baik. Hasil penilaian dari guru untuk media pembelajaran yang dibuat mendapat rerata skor sebesar 3,4 dalam kategori baik. Hasil angket penunjang infrastruktur IT mendapatkan rerata scor sebesar 3,5 dalam kateoribaik. Hasil angket siswa dalam uji coba pemakaian untuk media pembelajaran yang dibuat mendapatkan rerata scor 3,4 dalam kategori baik. Sehingga dengan menunjukkan pada penilaian dari ahli IT, guru, dan infrastruktur IT uji coba pemakaian dapat dinyatakan media pembelajaran matematika dengan basis aplikasi Lector Inspire layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Experiment
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: admin perpus
Date Deposited: 20 Jun 2023 02:44
Last Modified: 20 Jun 2023 02:44
URI: http://repository.iain-ternate.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

View Item
View Item