AMIN, Astuti Muh. (2022) PROFIL CRITICAL THINKING SKILLS MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI TERNATE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Jurnal BINOMIAL, 5 (2). pp. 95-104. ISSN 2657-2184
24. Jurnal Binomial 2022-astuti.pdf - Published Version
Download (325kB)
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang diperlukan oleh seseorang dalam mencapai keberhasilan hidupnya di abad 21. Keterampilan berpikir kritis penting bagi mahasiswa, karena mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik dapat menjadi konsumen sains yang kritis sehingga dapat menanggapi serta mengikuti berbagai perkembangan yang terjadi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis sejauhmana keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi Ternate pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi di kota Ternate, Maluku Utara. Sampel penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi di IAIN Ternate berjumlah 65 orang. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pemberian tes, melakukan observasi dalam pembelajaran di kelas, pemberian angket. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis diperoleh melalui tes essai yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan berpikir kritis calon guru biologi berada pada kategori sangat kurang. Informasi ini memberikan informasi kepada pendidik khususnya pendidik di IAIN Ternate untuk berupaya memberdayakan model pembelajaran aktif dan inovatif yang menstimulasi dan mengasah keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Admin Support |
Date Deposited: | 08 Apr 2023 04:25 |
Last Modified: | 08 Apr 2023 04:43 |
URI: | http://repository.iain-ternate.ac.id/id/eprint/123 |