Search for collections on Repositori IAIN Ternate

Efek Pembelajaran Online terhadap High Order Thinking Skills pada Siswa Biologi di Masa Pandemic Covid-19

AMIN, Astuti Muh. and KARMILA, Fitriyah and MUNA, Lintal and HUJJATUSNAINI, Noor and ADIANSYAH, Romi and YANI, Ahmad (2022) Efek Pembelajaran Online terhadap High Order Thinking Skills pada Siswa Biologi di Masa Pandemic Covid-19. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7 (1). pp. 1-17. ISSN 2684-7604

[thumbnail of 14. Jurnal Bioedusiana-2022.pdf] Text
14. Jurnal Bioedusiana-2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (328kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan abad 21 peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTs). Pengajaran dan pembelajaran online telah menjadi kebutuhan bagi pendidikan di seluruh dunia selama pandemi Covid-19. Perubahan proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang terjadi secara tiba-tiba berdampak sangat signifikan pada berbagai aspek pembelajaran termasuk HOTs. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek pembelajaran online terhadap High Order Thinking Skills pada siswa biologi di kota Ternate. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Mendeskripsikan sejauh mana efek pembelajaran online terhadap High Order Thinking Skills. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa biologi pada SMA Negeri di kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa biologi di SMA Negeri 4 Ternate dan SMA Negeri 8 Ternate, Maluku Utara dengan jumlah 56 siswa. Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen untuk mengukur High Order Thinking Skills. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata total High Order Thinking Skills siswa biologi untuk level analyzing, 50.44; level evaluating 45.38; level creating 41.16. Hal ini mengindikasikan bahwa masih diperlukan upaya yang lebih agar peserta didik dapat memiliki kemampuan HOTs yang memadai.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Admin Support
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:47
Last Modified: 08 Apr 2023 05:14
URI: http://repository.iain-ternate.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item
View Item