PANTIWATI, Yuni and KUSNIARTI, Tuti and PERMANA, Fendy Hardian Permana and NURROHMAN, Endrik and AMIN, Astuti Muh. and SARI, Tasya Novian Indah (2022) Knowledge and Thinking Skills in Li-Pro-GP Model of Instruction. Jurnal Pendidikan Indonesia, 11 (4). pp. 762-774. ISSN 2541-7207
27. Jurnal Pendidikan Indonesia.pdf - Published Version
Download (468kB)
Abstract
Survei dari beberapa penelitian tentang kemampuan literasi siswa Indonesia menunjukkan ketidaksesuaian dengan angka literasi Indonesia. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia sudah melek huruf dalam hal pendidikan. Meskipun demikian, kemampuan literasi mereka secara umum masih lemah. Selain itu, kemampuan literasi siswa yang rendah dianggap sebagai akibat rendahnya minat membaca. Sejumlah masalah dalam keterampilan membaca terkait erat dengan pengalaman dan praktik membaca yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran model Li-Pro-GP. Sintaks model pembelajaran ini adalah pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Penelitian ini termasuk dalam model penelitian deskriptif. Subyek penelitian, siswa kelas tujuh mengikuti pembelajaran IPA. Data penelitian dianalisis secara deskriptif yang menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan berpikir di kalangan siswa. Selain itu, tingkat penggunaan bahasa tertinggi ditemukan pada tes untuk Aspek C2, C4, C5, dan C6, sedangkan tingkat kebenaran konseptual tertinggi ditunjukkan pada Aspek C3. Sebaliknya, tingkat pemberian argumentasi yang paling rendah tampak pada semua aspek. Singkatnya, tingkat keterampilan tertinggi ditunjukkan oleh penggunaan bahasa, sedangkan yang terendah pada kepercayaan diri siswa dalam memberikan argumentasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Admin Support |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 00:11 |
Last Modified: | 08 Apr 2023 06:14 |
URI: | http://repository.iain-ternate.ac.id/id/eprint/101 |